Blog berbagi cerita tentang reparasi dan perbaikan alat alat elektronik maupun teknik bangunan

Senin, 22 Agustus 2016

Cara mencari kabel instalasi listrik konslet,

Cara mencari kabel instalasi listrik konslet,Apabila kita mengalami kerusakan listrik atau konslet pada instalasi ilistrik di rumah kita ,pasti kira dituntut harus segera memperbaikin instalasi yang rusak tersebut. Karena apabila ada konslet pasti Mcb  pembagi atau Mcbdi KWH meter kita akan turun dan apabila tidak diperbaiki maka Mcb itu tidak akan bisa dinaikan atau tidak bisa menyala.

Jadi   ada urutan urutan yang harus dilakukan untuk bisa mendeteksi instalasi yang konslet tersebut. Biasanya setiap rumah ada Mcb pembagi, misalkan Mcb 1 untuk Stop kontak Mcb 2 untuk Saklar, 3.Mcb untuk Ac dan seterusnya.

Cara mencari kabel instalasi listrik konslet bisa dilakukan secara maual.

Contohnya begini

Apabila yang turun di Mcb KWH meter pertama tama matikan selutuh sakalar,kemudian naikan Mcb pembagi untuk line Lampu pada posisi ON, setelah itu nyalakan Saklar satu persatu apabila ada salah satu saklar yang konslet pasti Mcb akan turun.

Apabila Mcb pembagi untuk penerangan tidak turun atau terjadi konslet berarti instalasi saklar masih bagus.






















Dilanjutkan dengan menaikan Mcb pembagi untuk line stop kontak, Apabila Mcb gak mau di posisi ON maka sudah dapat dipastikan ada masalah dengan instalasi stop kontak, Dan Anda harus cek stop kontak satu per satu dan diperbaiki sampai instalasi dalam keadan baik.













Cara mencari kabel instalasi listrik konslet selanjutnya yaitu memakai alat merger. Karena alat ini bisa memastikan apakah instalasi listrik tersebut baik atau tidak, dengan melihat angka digital pada layar merger.

Merger ini biasanya dilakukan apabila kita sudah selesai instalasi kabel listrik untuk mengetaui apakah sambungan kabel bagus atau tidan dan juga untuk mengetaui kabel salah konek supaya nati kalau kabel sudah disambungkan ke instalai PLN tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Demikian sekilas mengenai Cara mencari kabel instalasi listrik konslet.Usahakan apabila akan membuat instalasi llistrik pertimbangkan atau hitunglah kebutuhan daya listrik atau instalasi sesuaikan dengan SNI.Jangan membuat colokan listrik secara bertumpuk tumpuk,karena akan sangat beresiko terjadi konslet karena kabel akan panas dan mudah terbakar .Mudah mudahan bermanfaat terimakasih.






tag: 
alat pendeteksi kabel konslet
alat pendeteksi konsleting listrik
penyebab korslet listrik
cara mencari kabel konslet pada mobil
konslet atau korslet
ciri ciri korsleting listrik
cara memperbaiki mcb yang rusak
tanda tanda korsleting listrik
Saklar Lampu Otomatis
Saklar Lampu
Terminal Listrik Lubang 4+Saklar+Lampu (S
Terminal Lubang 4+Saklar+Lampu Indikator
korsleting listrik,  
alat pengaman listrik , 
korsleting listrik , 
mcb listrik,  
saklar listrik, 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara mencari kabel instalasi listrik konslet,

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Kalau perkiraan kabelnya konsleting dalam beton/tembok rumah, sedangkan kita tidak tahu posisi tempat pembaginya, bagaimana cara mengetahui posisi tempat konsletingnya ya ?, mohon petunjuk dan bila ada tolong di wa ke saya di 081282782017 ya, tq atas bantuannya ....

    BalasHapus
  3. Mhn bntuan nya saat ini sy sdg ad mslh dg kbl yg konslet. Krn posisi kblnya tertanam ditembok semua,gmn cr mendeteksi kbl yg konslet ya.? Apabila ad solusi nya mhn dibntu.trm ksh

    BalasHapus
  4. Kalau memang konsletnya ada pada instalasi dalam tembok sebaiknya lakukan pengecekan secara menyeluruh pada setiap TDos sambungan yang masuk ke dalam tembok dengan mengunakan AVOMeter.

    BalasHapus