Blog berbagi cerita tentang reparasi dan perbaikan alat alat elektronik maupun teknik bangunan

Selasa, 15 November 2016

Cara mengganti kapasitor ac split

Cara mengganti kapasitor ac split,dengan seiring lamanya umur ac split apalagi sering dinyalakan dan dihidupkan,maka suatu saat akan kita jumpai atau timbul masalah dingin tidaknya ac tersebut.diantaranya indoor ac  menyala tterus kita lihat outdoor sepintas menyala juga  karena fan motor outdoor berputar.

Akan tetapi kok udara yang dihembuskan dari inddor ac tidak dingin malahan udara diruangan  serasa pengap dan cenderung panas.

Apa yang menjadi penyebabnya?

Mungkin kita harus lebih teliti dalam mengamati ac tersebut,dan setelah kita amati lebih dalam lagi ternyata di outdoor yang menyala Cuma fan motor outdoornya saja sedangkan kompresor tidak hidup.
Coba dilihat, kalau pipa ac tidak berair atau basah berarti freon tidak sirkulasi atau kompresor mati. Sehingga bisa kita analisa.

Ada beberapa kemungkinan penyebab kompresor mati.

Analisa yang pertama ;

Kapasitor ada masalah,mungkin sudah mati atau rusak dan tidak bisa menyimpan muatan listrik. sehingga tidak bisa menggerakan kompresor ac tersebut.

Cara mengganti kapasitor ac split ini sangat mudah.tinggal dicopot kapasitor ac split  yang mati tadi dan dibaca ukuranya lalu beli kapasitor ac split baru untuk mengganti kapasitor yang rusak tadi.






















Analisa yang kedua; Tekanan freon berkurang ,sehingga kompresor menjadi panas dan overload.tetapi kalau Cuma overload, nanti setelah kompresor dingin  akan hidup kembali jadi sebaiknya cek terlebih dahulu tekanan Freon ac split tersebut.biasanya kalau kompresor ac mti tekanan freonya diatas 120psi jadi tekanan Freon harus sesuai standardnya.




















kembali lagi pada ulasan Cara mengganti kapasitor ac split ,cara ngecek kapasitor hidup atau mati sudah pernah saya utarakan pada artikel yang lalu.(mengukur kapasitor ac hidup atau mati) Cara mengganti kapasitor ac split tidak terlalu sulit.

Berikut ini Cara mengganti kapasitor ac split.
Pertama tama cabutlah aliran listrinya supaya semuanya aman, kemudian bukalah cassing atas outdor atau penutup atas outdoor. Disana terlihat ada komponen  berbentuk bulat memakai bahan almunium. Itu yang namanya kapasitor kompresor, disitu ada juga kapasitor fan motor outdoor,bentuknya kotak dan biasanya warnanya hitam.

Setelah terlihat copotlah pengikatnya dan ambilah kapasitor ac tersebut lalu lihatlah ukuranya misalnya 15 micro farad atau 30micro farad dan sebagainya.karena apabila kita ingin menggantinya kita harus membeli kapasitor yang sesuai dengan  bawaan ac tersebut.apabila  anda belum terbiasa atau mungkin malah belum pernah memasang kapasitor ac split,

tolong pada waktu mencabut kabel kapasitor ac split diingat ingat warna kabelya supaya nanti tidak tertukar.Setelah Cara mengganti kapasitor ac split selesai sekarang satnya ac dihidupkan.

Setelah ac menyala normal cek selalian tekanan freonya apabila belus sesuai petunjuk tambahlah Freon secukupnya dan sesuaikan dengan ampere di nameplat outdoor.

Supaya ac lebih awet  dan hembusan angin indoor lebih higienis sebaiknya  dilakukan disservice rutin setiap 3 / 4 bulan sekali.service ac rutin ini meliputi mencuci indoor , mencuci outdoor , cek Freon dan cek ampere.sehingga kalau ac bersih tekanan Freon normal amper juga sesuai ,kinerja ac juga tidak terlalu berat sehingga umur ac jg bertambah awet.

Demikian pembahasan kali ini mengenai  Cara mengganti kapasitor ac split mudah mudahan bagi pembaca yang baru mencari pengalaman dengan membaca artikel ini semuanya menjadi lebih baik lagi, dan bagi pembaca yang sudah berpengalaman saya harapkan tidak pelit ilmu,berbagilah ilmu dan pengalaman kita kepada orang lain supaya mendapatkan pahala,terimakasih.
Satu lagi, jangan pernah segan untuk mempraktekanya sendiri.atau jangan malu untuk bertanya.




tag;
kapasitor bank 
jenis kapasitor  
motor kapasitor 
kapasitor ac  
kapasitor listrik 
cara mengukur kapasitor 
cara menghitung kapasitor 


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara mengganti kapasitor ac split

6 komentar:

  1. Gan saya mau ganti kompresor lG tp sudah dirubah gimana cara masang seperti aslinya soket mana yg perlu distandarkan thanks

    BalasHapus
  2. dicari aja soket RCS di kopresor. soket R ke kapasitor biasanya warna biru atau merah,trus soket S ke kaki kapasitor satunya.untuk soket C itu ke over load yang nanti langsung nyambung ke arus listrik.untuk arus listrik satunya lagi ambil dr kaki kapasitor sebelahnya kabel yang dari soket R tadi tq

    BalasHapus
  3. Gan klo masang kabel kapasitor terbalik akibatnya apa
    ?

    BalasHapus
  4. Gan, bisa kirim screenshoot untuk ganti kapasitor ac lg 1/2 pk, untuk 3 kaki, kapasitas 15 mf

    BalasHapus
  5. klo kapasitor 3 kaki untuk kaki 2socket untuk kapasitor motor fan outdor dan kaki socket3 bh atau 4 untuk kapasitor kompresor.

    BalasHapus