Blog berbagi cerita tentang reparasi dan perbaikan alat alat elektronik maupun teknik bangunan

Selasa, 26 Juli 2016

Cara Memasang saklar dan stop kontak sendiri

Cara memasang  saklar dan stop kontak sendiri. ternyata tidak telalu sulit jika kita memahami teorinya. Untuk itu kami akan mencoba membagikan cara mudah memasang instalasi lampu di rumah. Sehingga , walaupun anda bukan lulusan listrik, setidaknya anda mampu menangani sendiri berbagai kerusakan kecil yang terjadi dalam jaringan instalasi listrik di rumah anda. 

Ingat !, jika anda adalah seorang laki laki, seorang kepala rumah tangga, jadi kalau ada kerusakan kecil di rumah anda, anda akan mampu mengatasinya.

Jadi ini adalah tentang cara memasang saklar dan stop kontak sendiri.Nah, sekarang saya akan membagikan c
ara memasang saklar dan stop kontak sendiri untuk anda, 

Mungkin anda seorang pemula yang awam tentang kelistrikan, saya akan mencoba membuatnya mudah untuk anda.

 Alat alat Cara memasang saklar dan stop kontak sendiri ini tidak mahal:
  • obeng 
  • taspen, 
  • pisau cutter
  • isolasi
  • tang
Langkah kerja:

1.    Jangan lupa, matikan arus listrik rumah anda dengan mematikan sekring.atau menurunkan mcb

2.    Carilah terminal /sambungan kabel terdekat dengan ruangan yang akan anda pasangi stop kontak atau lampu.

3.    Jika ada terminal sambungan kabel terdekat, bukalah isolasi yang membungkus sambungan kabel sehingga sambungan kabel jadi terbuka, sambungkan kabel positf anda dengan sambungan kabel positif pada terminal, dan sambungkan kabel negatif anda pada sambungan negatif pada terminal.

4.    Atau jika tidak ada sambungan yang terdekat, anda bisa membuat sambungan baru dengan cara memotong kabel instalasi rumah anda yang dekat dengan ruangan yang akan dipasangi lampu, lalu kupas kedua ujung kabel yang di potong tadi.  
    
   Lalu bagaimana Cara memasang  saklar dan stop kontak sendiri? ketika ujung kabel di kupas, akan anda jumpai 3 buah kabel dengan warna berbeda,biasanya kabel berwarna hitam adalah kabel positif, dan yang biru negatif, lalu yang kuning ground. 

Tetapi tidak selalu demikian, terkadang juga terbalik. Akan tetapi jika kabel instalasi rumah anda tidak standard, hanya akan anda jumpai 2 buah kabel, kabel positif dan kabel negatif saja.Maka dari itu kita harus memastikannya dengan taspen.

     Kabel positif adalah kabel yang ada arusnya, ketika kita colok taspen, maka taspen akan menyala. Jika instalasi kabel rumah anda hanya ada dua , maka yang satunya pasti negatif. 

     Adapun jika instalasi rumah anda sudah standard (ada groundingnya), maka setelah kita mengetahui mana kabel yang positif, kita harus menentukan 2 sisanya, mana yang negatif, mana yang ground dengan multimeter.
    
     kabel negatif ketika kita ukur dengan multimeter, akan menunjuk angka 220v. Sedangkan kabel ground, jika kita ukur dengan multimeter, akan menunjuk angka jauh di bawah 220v. Dalam menentukan mana kabel positif dan negatif, anda harus hati -hati. 

Pertama anda matikan sekring rumah anda dulu, anda kupas kabel yang akan anda buat percabangan, anda hidupkan lagi sekringnya, lalu anda cek dengan taspen/ multimeter seperti tadi, lalu setelah berhasil anda bedakan mana kabel positif, mana negatif dan mana ground. 
     Jangan lupa matikan lagi sekring atau turunkan mcb. 

7.    Untuk instalasi lampu, yang kita butuhkan hanya kabel yang positif dan kabel negatif, jadi kita abaikan saja kabel ground nya.Setelah kita tahu mana kabel positif, dan mana negatif, maka langkah selanjutnya menyambungkan kabel negatif ke fitting lampu. Sedangkan kabel positif diputus dan disambungkan ke saklar dahulu kemudian diteruskan ke lampu. 

Lihat gambar di bawah ini Berikut ini gambar Cara memasang saklar dan stop kontak sendiri.























  8. Untuk pemasangan stop kontak dalam penyambungan tinggal mencari teedoos/             percabangan dan kemudian sambungkan sesuai warna kabel.lihat gambar                       dibawah.


                  



















Gambar diatas contoh warna kabel listrik NYM 3 x 1,5mm
1.    Hitam kabel positif
2.    Biru kabel negalif
3.    Kuning kabel ground

Setelah semua selesai, isolasi kembali semua sambungan yang terbuka, isolasi yang rapat, jika tidak, bisa menimbulkan loncatan arus listrik dan percikan bunga api listrik yang bisa mengakibatkan kebakaran.

Setelah proses merangkai instalasi lampu rumah selesai, hidupkan lagi sekringnya, dan hidupkan lampu yang baru saja anda pasang, mudah kan?
 

Demikianlah
 Cara memasang  saklar dan stop kontak sendiri, semoga bermanfaat apabila ada kurang penulisan kata kata agar bisa dimaklumi terimakasih selamat mencoba.




 Tag;
Kabel Listrik Nym (Kawat Tembaga) Eterna 3x15mm
Kabel Listrik Tunggal Nym 3x4mm Supreme Roll 100m
Kabel Listrik Nym Eterna 2x2,5
instalasi listrik 
jasa instalasi listrik 
cara memasang instalasi listrik rumah 
pasang baru listrik 
instalasi rumah 
biaya pasang listrik 
pasang listrik baru 
instalasi listrik 3 phase 
cara instalasi listrik rumah 



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memasang saklar dan stop kontak sendiri

0 komentar:

Posting Komentar